-->

SBM ITB dan Persib Bandung Akan Kembangkan Sports Management di Indonesia

Sebagai sebuah klub sepakbola mandiri yang tidak lagi bergantung pada APBD pemerintah, Persib mempertimbangkan IPO sebagai salah satu alternatif untuk mencari dana segar diluar sponsorship yang sudah dijalankan selama ini.(foto: ist)

BANDUNG, SPORTAINMENT (15/12/2019) – Sebagai sebuah klub sepakbola, Persib Bandung tidak bisa dianggap sebelah mata baik dari sisi prestasi maupun dari potensi bisnis yang begitu besar mengingat Persib memiliki basis penggemar hingga 17 juta orang, menjadikan Persib klub olahraga dengan fan base terbesar nomor 23 di dunia, diatas fan base klub bola AS Roma, River Plate, dan Inter Milan.

Terkait dengan hal itu, Gabriella Widtarmono, VP Partnership & Activation dari Persib, beserta pemain Persib, Kim Kurniawan mengunjungi Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB untuk bertemu dengan Direktur MBA ITB Dr. Subiakto Soekarno.

“Mereka hadir sebagai pembicara dalam NCMC 2019.” ujar Subiakto Soekarno, Jumat (13/12/2019)

“NCMC adalah lomba dalam bidang pasar modal dengan peserta mahasiswa seluruh perguruan tinggi di Indonesia. NCMC sebagai salah satu upaya meningkatkan literasi akan pasar modal khususnya di kalangan para mahasiswa, yang diadakan pada 12 – 13 Desember 2019 MBA – SBM ITB sebagai tuan rumah penyelenggaraan National Capital Market Championship (NCMC) 2019. ” ungkap Subiakto.

Sebagai sebuah klub sepakbola mandiri yang tidak lagi bergantung pada APBD pemerintah, Persib mempertimbangkan IPO sebagai salah satu alternatif untuk mencari dana segar diluar sponsorship yang sudah dijalankan selama ini.

Subiakto menambahkan, tentunya pemahaman pasar modal, dimana Persib mempertimbangkan untuk goes publik sebagai salah satu alternatif financing juga menjadi sebuah terobosan tersendiri. Karena sebagai emiten, Persib bisa melakukan penawaran efek yakni dengan menerbitkan dan menjual efek (obligasi, saham dan sebagainya) secara umum kepada publik. “Hal ini tentunya untuk mendapatkan modal atau dana tambahan” jelasnya.

Hal ini juga menjadi pengetahuan baru bagi para mahasiswa pada event NCMC 2019 ini, bahwa ada industri di dunia olahraga dan hal itu memiliki potensi bisnis luar biasa jika bisa dikelola dengan baik.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, bintang pemain Persib Kim Kurniawan mengatakan bahwa saat ini pengelolaan klub persib di bawah PT. Persib Bermartabat sudah sangat profesional.

“Hal ini ditunjukan dengan kesejahteraan para pemain yang sudah sangat diperhatikan” sport management bisa menjadi tujuan karier di masa yang akan datang” pungkasnya. (Pun/akung)

Baca juga

Post a comment